Bernyanyi Dapat Tumbuhkan Rasa Empati pada Anak

Bernyanyi Dapat Tumbuhkan Rasa Empati pada Anak


INILAHCOM, Jakarta - Ada banyak cara untuk menumbuhkan rasa empati pada anak. Salah satunya adalah dengan bernyanyi.

Menurut Muhammad Agus Syafii selaku founder rumah Amalia menjelaskan, saat ini banyak fenomena yang terjadi di masyarakat yang semakin merajalela. Karena itu, kegiatan bertajuk Mahabbah di rumah Amalia dapat menumbuhkan rasa empati dengan bernyanyi pada anak - anak.

"Ketika melihat fenomena seorang suami bunuh diri karena ditinggal oleh istrinya. Kami mengajak anak - anak untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati yang tinggi," kata Muhammad Agus Syafii saat ditemui di rumah Amalia, Jakarta, Selasa (28/03/2017).

Ada lima manfaat ketika anak - anak dapat bernyanyi dan mengatasi stres sehingga hidup lebih bahagia. Berikut adalah manfaatnya.

1. Memicu hormon empati

Hormon endorfin adalah hormon yang mampu menumbuhkan empati, menimbulkan perasaan kesenangan dan euforia. Sedangkan oksitosin atau hormon cinta bisa meningkatkan rasa nyaman dan empati pada sesama. Dengan bernyanyi, hormon ini terpicu sehingga mampu mengurangi rasa stress dan cemas anda.

2. Paru-paru menjadi kuat

Ketika bernyanyi dengan posisi tubuh  tentu saja secara otomatis memperbaiki postur tubuh. Selain itu juga, bernyanyi meningkatkan kapasitas paru-paru hingga membantu anda bernafas lebih baik.

3. Turunkan tekanan darah tinggi

Berkat efek menenangkannya, bernyanyi mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada beberapa kasus. Kebanyakan pasien darah tinggi melakukannya dengan menyanyikan lagu-lagu religi.

4. Meningkatkan kecerdasan kognitif

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa musisi rata-rata memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak berhubungan dengan musik. Musik dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

5. Meningkatkan hidup sehat

Dikarenakan dengan bernyanyi bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa cemas, hal tersebut juga akan tercermin dalam level kekebalan tubuh. Mereka yang bernyanyi memiliki fungsi jantung yang lebih baik dan lebih sehat. Hal tersebut tentu saja turut meningkatkan angka harapan hidupnya.


Read more...

0 Response to "Bernyanyi Dapat Tumbuhkan Rasa Empati pada Anak"

Posting Komentar