Pendidikan Gizi di Sekolah Berawal dari Guru

Pendidikan Gizi di Sekolah Berawal dari Guru

INILAHCOM, Jakarta - Guru menjadi salah satu tonggak dalam pendidikan gizi seimbang di sekolah.

Menurut Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGK FKM UI), Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD, saat ditemui di acara Frisian Flag, Gerakan Nusantara, Jakarta, Kamis, (15/03/2018), pendidikan gizi di sekolah dasar itu memang perlu melibatkan guru sebagai pemain, aktor, dan tokoh di sekolah.

"Ini mampu membentuk sistem gizi seimbang. Satu faktor lagi yang mempengaruhi faktor gizi seimbang yaitu orangtua," papar Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD.

Pada 2017, Frisian Flag Indonesia melaksanakan program Gerakan Nusantara sebagai upaya meningkatkan perilaku gizi positif dan mendorong aktivitas gerak luar ruang pada anak - anak. Gerakan ini didukung oleh ajakan menerapkan Drink.Move.BeStrong, yang menekankan pentingnya perilaku gizi yang positif dengan minum susu rutin serta bergerak aktif pada naak - anak untuk membentuk generasi kuat dan sehat.

Penyelenggaraan program Gerakan Nusantara tahun lalu disempurnakan dengan menambahkan kegiatan Training of Trainers (TOT) untuk para guru dan telah melatih 2.134 guru di 740 sekolah di delapan provinsi.

"Inilah sebuah sistem antara komponen yang saling mendukung antara orangtua, guru, murid, dan pemerintah. Melalui Gerakan Nusantara akan membuat sebuah sistem gizi seimbang di sekolah. Informasi tentang gizi ini sangat kurang di sekolah. Sekarang, dengan melibatkan guru - guru di sekolah, jadi semakin memahami tentang gizi seimbang," tambahnya.

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, menjelaskan ada hal yang menarik dalam kegiatan Gerakan Nusantara tersebut adanya antusiasme guru dan siswa untuk menggali ide tentang aktivitas apa yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah.

"Salah satunya ialah aktivitas membawa bekal gizi seimbang setiap Kamis yang dilakukan oleh SD Negeri 016, Ciracas Jakarta Timur," ujar Andrew F. Saputra.(tka)


Read more...

0 Response to "Pendidikan Gizi di Sekolah Berawal dari Guru"

Posting Komentar