Penting, Jaga Mata Agar Tidak Kering

Penting, Jaga Mata Agar Tidak Kering

INILAHCOM, Yogyakarta - Pentingnya menjaga mata agar tidak kering harusnya bisa disadari banyak orang. Terlebih, saat ini semakin banyak waktu yang dimiliki untuk dihabiskan terpapar layar tevisi (TV) dan gadget.

Fakta mengungkapkan, masyarakat Indonesia memiliki paparan tertinggi terhadap layar TV dan gadget 9 jam per hari, jumlah waktu ini bertambah hingga 2 jam dengan adanya FIFA World Cup. Insto berkesempatan menggelar acara buka mata nonton bola, melihat sekitar 3 ribu masyarakat Yogyakarta menyaksikan malam final FIFA World Cup.

Animo masyarakat Indonesia terhadap momen besar FIFA World Cup dapat terlihat dari tingginya jumlah penonton siaran TV yang menayangkan pertandingan tersebut. Sebagai contoh, laporan Nielsen memaparkan bahwa pada laga Argentina vs Belgia di turnamen FIFA World Cup sebelumnya berhasil merebut 39 persen penonton TV yang aktif di jam tayang tersebut.

Jumlah yang cukup tinggi mengingat jadwal pertandingan disiarkan pukul 02.00 dini hari . Padahal menonton TV dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan gejala kekeringan pada mata.

Dalam program Buka Mata Nonton Bola ini, Insto mengedukasi para pecinta bola bahwa aktifitas menonton TV dapat menyebabkan gejala mata kering, untuk itu Insto hadir dengan salah satu produk unggulannya yaitu Insto Dry Eyes yang dapat mengatasi gejala kekeringan pada mata.

Terpapar gadget dan televisi tak hanya menyebabkan rasa kantuk di esok hari namun juga dapat membuat mata kering karena terpapar lebih lama dari biasanya.

Kurangnya jam tidur malam juga bisa mengakibatkan kekeringan pada mata karena air mata tidak cukup untuk melumasi mata.

“Kami ingin mendorong kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup lebih sehat melalui upaya preventif. Kami secara aktif mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mata," kata Weitarsa Hendarto, Vice President Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar, seperti yang dikutip dari siaran pers, Yogyakarta, Selasa, (17/07/2018).

Masih menurut Weitarsa, pihaknya sangat memahami bahwa penggunaan televisi dan gadget di era digital seperti sekarang sulit dihindari karena masyarakat menggunakan smartphone, laptop, dan televisi tak hanya untuk bekerja atau belajar, tapi juga saat bersantai.

Sebuah penelitian yang dibuat oleh Millward Brown mengungkap fakta, masyarakat Indonesia memiliki paparan tertinggi terhadap layar TV & gadget setiap harinya (9 jam per hari), dan pada momen Piala Dunia, jumlah waktu ini bertambah hingga 2 jam, sehingga dapat meningkatkan potensi gejala mata kering dan dapat mengganggu kenyamanan penglihatan dalam jangka panjang.

Dr. Damara Andalia Sp.M menjelaskan, “Salah satu akibat dari menatap layar TV dan gadget terlalu lama adalah gejala mata kering yang terindikasi dari jumlah kedipan mata (visual attention rate) berkurang hingga setengahnya. Ditambah lagi, layar TV & gadget memancarkan sinar bergelombang tinggi atau dikenal sebagai blue light yang dapat mengurangi kualitas penglihatan mata secara jangka panjang”. (tka)


Read more...

0 Response to "Penting, Jaga Mata Agar Tidak Kering"

Posting Komentar