Perlukah Anak Tahu tentang Orangtua Kandungnya?

Perlukah Anak Tahu tentang Orangtua Kandungnya?

INILAHCOM, Jakarta - Topik perlukah anak diberi tahu tentang orangtua kandungnya tentu sangat sensitif bagi para orangtua adopsi.

Dia sebenarnya ingin sang anak tidak perlu mengetahui tentang orangtua kandungnya. Namun, rasanya hal tersebut tidak mungkin terjadi karena dalam akta lahir sang Anak terdapat nama orangtua kandungnya.

Apakah anak memang perlu diberi tahu masalah ini? Menurut psikolog Sali Rahadi Asih, M.Psi, MGPCC, Ph.D,, semuanya kembali lagi ke nilai-nilai keluarga dan nilai-nilai kepercayaan yang dianut.

“Yang pasti, perlu dilihat kesiapan orangtua maupun sang Anak sebelum membicarakan tentang orangtua kandungnya,” papar Sali, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (05/02/2020). 

Kalau tiba-tiba anak bertanya mengenai hal ini, orang tua bisa menanyakan lebih lanjut mengapa ia tiba-tiba menanyakannya.

Tanyakan apa yang ia rasakan dan apa yang ia dengar. Jika dirasa itu adalah waktu yang tepat, maka orang tua bisa mengatakannya kepada anak.

“Anak bisa ditanya, mau dikenalkan dengan orangtua kandungnya atau tidak. Kalau anak memang belum siap, tidak bisa dipaksa. Kalau sudah siap, itu bisa dilakukan,” tambahnya.

Tapi kalau ada keluarga yang merasa anak harus tahu akarnya, ya silakan. Justru akan lebih natural.

Jadi, tergantung kesiapan orang tuanya. Orangtua adopsinya siap tidak kalau orangtua kandungnya mau ketemu. Itu harus dibicarakan.

Untuk mencegah anak mendengar komentar-komentar negatif terkait statusnya sebagai anak adopsi, Sali menyarankan agar orang tua membangun kedekatan yang kuat dengan anak sejak dini.

“Jadi ketika dihadapkan pada situasi yang buruk sekalipun, ia tetap yakin bahwa orang tuanya sayang kepadanya dan tetap merasa aman,” ujarnya. (tka)


Read more...

0 Response to "Perlukah Anak Tahu tentang Orangtua Kandungnya?"

Posting Komentar