Ajak Ayah Peran Serta Urus Anak

Ajak Ayah Peran Serta Urus Anak

INILAHCOM, Jakarta - Pentingnya peran ayah demi tumbuh kembang anak dalam perkembangan fisik dan psikologis anak. Karena itu, peran ayah sangat penting untuk mengurus anak.

Perlu usaha dan komitmen dari orang tua demi tumbuh kembang anak yang optimal terutama pada masa emas anak usia (0-5 tahun). Peran ayah sama pentingnya dengan  peran ibu yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan balita.

Pola asuh ayah kepada anaknya bisa dikatakan lebih menyenangkan karena gaya pengasuhan anak lebih ke arah bermain dan memberi tantangan fisik kepada balita.

Menurut Naomi Soetikno, psikolog anak dan dosen Universitas Tarumanegara, terdapat empat unsur peran ayah yaitu structure, warm, accessibility, dan playing. Jika tidak ada peran dari ayah, maka rumah tangga akan lemah.

Jika rumah tangga tanpa peran ayah, dan tidak memiliki kepala keluarga yang tegas menerapkan aturan bagi anak - anaknya, ini akan lemah. Tetapi hal ini perlu diimbangi dengan ayah yang warm kepada anak. Seorang ayah dapat menjadi tempat buah hati mencurahkan isi hatinya.

"Untuk ketiga, seorang ayah harus mudah diakses oleh anak di sela - sela pekerjaannya. Hal ini akan membuat sang anak anak selalu merasa aman dan terlindungi walaupun dia sedang tidak bersama ayahnya," kata Naomi Soetikno, psikolog anak dan dosen Universitas Tarumanegara saat ditemui di acara Baby Happy Aku dan Ayah Happy Day's Out, Kota Kasablanka, Jumat (30/09/2016).

Kemudian faktor keempat adalah playing. Ini adalah keadaan ayah harus termotivasi untuk bermain bersama anak - anaknya. Pada usia balita 0 - 2 tahun, bermain bersama ayah akan membantu perkembangan sensor motorik mereka. Sedangkan pada balita usia 2 - 5 tahun akan membantu perkembangan logika mereka.

"Anak yang banyak bermain bersama ayah logika dalam berpikir akan lebih jalan, mereka akan lebih mudah bersosialisasi sedangkan anak yang lebih dekat dengan ibunya akan menjadi anak yang lebih hangat disebabkan sifat ibu yang lebih ngemong. Tentunya akan sangat baik jika anak dekat secara emosional dengan kedua orangtuanya," tambahnya.


Read more...

0 Response to "Ajak Ayah Peran Serta Urus Anak"

Posting Komentar