Waspada, Ini Gejala dan Tanda Penyakit Kaki Gajah

Waspada, Ini Gejala dan Tanda Penyakit Kaki Gajah

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit kaki gajah (Filariasis) adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun. Penyakit ini disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk. Lantas, apa saja gejalanya?

Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. H. Muhamad Subuh, MPPM, gejala klinis yang timbul biasanyatidak khas. Muncul demam berulang 1-2 kali setiap bulan dapat sembuh tanpa diobati.

Timbul benjolan dan terasa nyeri misal di lipat paha atau ketiak tanpa luka. Proses tahunan. Yang suka demam hati - hati," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. H. Muhamad Subuh, MPPM saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (30/09/2016).

Kemudian, masih menurutnya, tahap lanjutan dari perkembangan infeksi tersebut adalah terdapat pembengkakan di limfa. Selanjutnya ada pembengkakan hilang timbul di kaki. Terdapat pula cairan yang pengerasan dan menimbukkan pembengkakan yang tetap.

Berikut adalah gejala dan tanda penyakit kaki gajah yang perlu Anda ketahui.

1. Demam berulang - ulang selama 3 - 5 hari, demam dapat hilang bila si penderita istirahat dan muncul lagi setelah si penderita bekerja berat.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening sehingga terlihat bengkak di daerah lipatan paha, ketiak, yang tampak kemerahan, panas dan sakit.

3. Abses yang disebabkan seringnya pembengkakan kelenjar getah bening, bisa pecah mengeluarkan nanah dan darah.

4. Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas.


Read more...

0 Response to "Waspada, Ini Gejala dan Tanda Penyakit Kaki Gajah"

Posting Komentar