Dua Tahun Era JKN, Masyarakat Semakin Puas

Dua Tahun Era JKN, Masyarakat Semakin Puas


INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menjelaskan sejak 2014 Indonesia memasuki era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Masuk tahun ketiga, dan terdapat hasil kepuasan yang diraih masyarakat pesertan JKN.

Menurutnya, Indonesia baru saat ini memiliki asuransi nasional seperti JKN. Tentunya, masih menurutnya, hal ini perlu banyak perbaikan dan kajian lebih lanjut agar proses JKN mengalami tingkat positif dan dapat dinikmati banyak orang.

"Dahulu namanya Askes, sekarang JKN. Kita belum pernah memiliki asuransi nasional seperti ini. Kita belum punya simulasi dan data eksak yang pasti. Namun, sekarang kita masuk tahun ketiga kita masuk pendataan ini. Capaian pesertanya sangat progresif sekitar 170-an juta. Yang penerima bayar iyuran sekitar 91 juta, APBD 14 juta. tingkat kepuasan mencapai 79,95 persen untuk tingkat (primer). Kepuasan pada rumah sakit juga hampir 80 persen. Ini baru berjalan memasuki tahun ketiga," papar Menkes RI Nila F Moeloek, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Masih menurutnya, kepuasan diraih karena adanya premi yang dibayarkan JKN untuk para pesertanya. Karena itu, masyarakat peserta JKN tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar.

Meski begitu, Menkes RI, melihat bahkan dengan era JKN saat ini, semakin meningkatnya penyakit tidak menuluar dibandingkan penyakit menular. Hal ini tentu menjadi salah satu beban terbesar yang diterima JKN.

"Dulu penyakit menular, sekarang penyakit tidak menular lebih banyak. Sekitar 30 persen dana JKN masuk dalam mengatasi penyakit menular," tambahnya.

Beberapa penyakit menular yang sangat meningkat belakangan ini adalah Ginjal dan jantung. Tidak hanya itu, ada pula salah satu contoh penyakit yang terjadi pada anak.

"Uang yang paling habis adalah untuk penyakit keturunan, thalasemia," tambahnya.

Perlu diketahui, thalasemia adalah kelain darah yang diturunkan dimana tubuh tidak memproduksi cukup hemoglobin sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh sedikit. Hemoglobin adalah protein pembentuk sel darah merah yang berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh.


Read more...

0 Response to "Dua Tahun Era JKN, Masyarakat Semakin Puas"

Posting Komentar