Inilah Terapi Untuk Penderita Kanker

Inilah Terapi Untuk Penderita Kanker

INILAHCOM, Jakarta - Terapi imum atau imunoterapi dapat meningkatkan keberhasilan terapi kanker. Seperti apa?

Menurut Guru Besar dan pengajar alergi imunologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Samsurijal Djauzi menjelaskan, selain teknologi diagnostik dan pengobatan modern, yang diperlukan untuk keberhasilan terapi kanker adalah imunitas atau ketahanan tubuh dari penderita kanker.

Hal tersebut karena didasari oleh sistem imun sangat berpengaruh terhadap perkembangan kanker. Ketika menderita kanker, sistem imun tidak cukup kuat untuk melawan sel kanker. Hal ini mengindikasikan sistem imun anti tumor dalam diri penderita ditekan oleh perkembangan sel tumor.

“Kita perlu mengikuti perkembangan imunorerapi, sehingga dapat memilih terapi yang efektif dan dapat diterapkan di Indonesia. Dukungan laboratorium diperlukan untuk menerapkan imunoterapi,” kata Samsurijal seperti yang dikutip dari siaran pers, “Cancer Immunotherapy : Improving Quality of Life By Personalized Approach” yang diselenggarakan AnHo BioPrima, Jakarta, Selasa, (25/10/2016).

Terapi ini sudah mulai dikenal di luar negeri sejak 1985, dan hasilnya semakin baik di 2010. Di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, dan lainnya, sudah menggunakan imun terapi sebagai pengobatan alternatif untuk kanker. Beberapa negara bahkan sudah mematenkan antigen untuk sejumlah penyakit, seperti kanker pankreas dan kanker paru.

Karena itulah terapi imun baik digunakan sendiri atau dikombinasi dengan pengobatan standar yang sudah ada selama ini, sangat efektif untuk kanker stadium lanjut. Terapi ini dapat meningkatkan keberhasilan terapi standar.

Pemeriksaan imun merupakan hal penting dalam penatalaksanaan kanker dengan imunoterapi. Sehingga dibutuhkan dukungan laboratorium yang dapat melihat kadar imunitas dalam darah. Masyarakat tidak perlu bingung untuk mencari terapi tersebut, karena dengan adanya kerja sama PT Anho Biogenesis Prima Indonesia dan PT Biogenesis Genome International, berdirilah laboratorium khusus di MRCCC Semangi yang dapat memfasilitasi kemajuan imunoterapi di Indonesia.


Read more...

0 Response to "Inilah Terapi Untuk Penderita Kanker"

Posting Komentar