Waspada Serangan Stroke yang Tidak Disadari

Waspada Serangan Stroke yang Tidak Disadari

INILAHCOM, Jakarta - Kebanyakan masyarakat tidak menyadari adanya serangan stroke yang tiba - tiba. Karena itu perlu waspada dan mencari tahu apa saja gejala stroke yang bisa dilihat.

Menurut Spesialis Neurologis Siloam TB Simatupang dr. Peter Gunawan Ng, SpS, FAf Neurologir, Rabu (05/10/2016), terdapat istilah FAST yang penting dan mudah diingat bagi setiap orang untuk mengetahui adanya gejala stroke. F adalah Face. Gejala stroke ini bisa dilihat dari wajah seseorang yang patut dicurigai. Misalnya, tiba - tiba seseorang terlihat wajahnya sedikit miring terlebih ketika sedang tersenyum.

"A adalah Arm. Biasa dikenal dengan lemas sebelah. Kemudian S untuk Speech, yaitu orang yang terkena stroke tiba - tiba ngomongnya pelo atau cadel. Terakhir adalah T yaitu Time. Stroke sangat berkaitan dengan kecepatan waktu. Ketika merasakan gejala tersebut, langsung telepon dokter dan bergegas ke rumah sakit terdekat," kata Spesialis Neurologis Siloam TB Simatupang dr. Peter Gunawan Ng, SpS, FAf Neurologir.

Pada kasus stroke penyumbatan, jika pasien ditangani dengan benar dalam masa golden hours, penderita masih bisa terhindar kecacatan atau stroke yang lebih berat. Trombolysis merupakan terapi yang akan dilakukan pada golden period stroke. Disaat itu, tindakan thrombolysis berguna untuk melepaskan sumbatan yang ada di pembuluh darah otak.

Rumah sakit Siloam TB Simatupang merupakan salah satu rumah sakit yang melayani dan memiliki fasilitas ruang khusus bagi penderita stroke (STROKE UNIT). Diakhir pemaparan, Dr. Peter menitipkan slogan TIME IS BRAIN, untuk disampaikan kepada masyarakat luas.


Read more...

0 Response to "Waspada Serangan Stroke yang Tidak Disadari"

Posting Komentar