Waspada, Ini Tahapan Terjadinya Osteoporosis

Waspada, Ini Tahapan Terjadinya Osteoporosis

INILAHCOM, Jakarta - Tulang menjadi jaringan hidup yang secara konsisten berubah - ubah. Ternyata, masalah tulang terutama masalah osteoporosi semakin banyak ditemui dari tahun ke tahun.

Patah tulang akibat osteoporosi menurut sebuah penelitian terdapat 9 juta kasus patah tulang. Kebanyakan yang sering patah adalah tiga bagian, yaitu patah tulang di daerah pergelangan tangan, panggul, dan tulang belakang.

"Jumlah yang penduduk yang paling banyak di Asia. Diprediksi patah tulang pada tahun 2050 di Asia akan terjadi patah tulang panggul semakin tinggi," kata Dr. dr. Franky Hartono, SpOT(K) saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Lantas bagaimana osteoporosis bisa terjadi? Ada tiga tahapan yang dapat diperhatikan. Pertama adalah tahap pertumbuhan. Mulai dari 0 hingga 18 sampai 20 tahun pada laki- laki. Kemudian, pertumbuhan mulai terjadi dari 0 sampai 16 hingga 18 tahun pada wanita.

Tahap kedua adalah pemadatan tulang. Ini terjadi hingga usia 30 tahun, pada saat itu tulang mencapai kepadatan yang paling tinggi.

"Tahap ketiga adalah penurunan. Setelah usia 40 tahun, saat ini terjadi penurunan kepadatan tulang secara perlahan - lahan," tambahnya.


Read more...

0 Response to "Waspada, Ini Tahapan Terjadinya Osteoporosis"

Posting Komentar