Satu dari 20 Orang di Indonesia Terinfeksi HPV

Satu dari 20 Orang di Indonesia Terinfeksi HPV

INILAHCOM, Jakarta - Data Litbangkes Kemenkes menunjukkan insiden infeksi HPV di Indonesia mencapai 5,2 persen, atau ada 1 kasus per 20 orang.

HPV akan memenetrasi sel-sel serviks. Kabar baiknya, 70-80 persen infeksi HPV akan sembuh dengan sendirinya, jika daya tahan tubuh bagus. Hanya 4-5 persen infeksi HPV yang berkembang menjadi kanker.

"Perjalanan setelah infeksi adalah lesi pra kanker dan kanker. Pap smear dan IVA umumnya menemukan kelainan di tahap pra kanker," papar Prof. dr. Andrijono SpOG(K), Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) saat ditemui di acara forum Ngobras, Jakarta, baru -baru ini.

Ada  ratusan tipe HPV namun hanya sekitar 19 tipe yang menyebabkan kanker, dan tipe tersering menjadi penyebab kanker adalah HPV tipe 16, 18, dan 52. Ketiganya bisa menyebabkan kanker secara tunggal, artinya tidak disertai infeksi tipe lain.

"Selain pada perempuan, infeksi HPV dapat menyebabkan kanker pada pria (kanker penis, anus, dubur, dan kanker laring). Maka di luar negeri, vaksin HPV juga diberikan pada pria," tambahnya.(tka)


Read more...

0 Response to "Satu dari 20 Orang di Indonesia Terinfeksi HPV"

Posting Komentar