Diet Goitrogenik, Cara Tepat Hindari Gondok

Diet Goitrogenik, Cara Tepat Hindari Gondok

GOITROGEN merupakan zat dalam beberapa bahan makanan baik itu buah atau pun sayur yang berpotensi menimbulkan penyakit gondok.

Goitrogen bekerja dengan cara menghalangi atau mengganggu kerja kelenjar tiroid yang bertugas memproduksi hormon tiroid untuk metabolisme tubuh sehingga kelenjar ini akan mengkompensasi sel-selnya menjadi besar yang kita sebut sebagai gondok.

Agar tiroid dapat bekerja dengan optimal serta berproduksi secara seimbang artinya tidak lebih tidak kurang harus mencukupi sumber zat gizi untuk membentuk /sintesis hormon tiroid.

Ada beberapa cara yang bisa dilakuan untuk mencegahnya terjadinya penyakit gondok itu. Misalnya kita harus makan yang mengandung atau bersumber yodium. Selain itu juga harus membatasi serta memasak dengan benar makanan yang menghambat penyerapan yodium (goitrogenik).

Tubuh juga harus cukup mendapat asam amino dan kecukupan zat gizi (selenium) serta vitamin E. Yang juga tak boleh dianggap remeh adalah menghindari stress dan cukup istirahat atau tidur agar tidak mudah terkena penyakit ini.

 

* Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (di bawah bimbingan dr. Reza Aditya Digambiro, M.kes, M.Ked(PA), Sp.PA).

 


Read more...

0 Response to "Diet Goitrogenik, Cara Tepat Hindari Gondok"

Posting Komentar