Jauhkan Anak Anda dari Polusi

Jauhkan Anak Anda dari Polusi

SEBUAH studi baru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mempengaruhi paru-paru bayi lebih cepat dan juga dapat mempengaruhi fungsi paru-paru seorang anak bahkan setelah tumbuh menjadi dewasa .

Mengutip laman Boldsky.com, Rabu (13/4/2016)ketika bayi terpapar polusi sejak hari kelahiran, pada saat ia selesai 8 tahun, fungsi paru-paru nya mungkin akan terkena dampak. Debu asap, asap rokok, serbuk sari dan abu di udara dapat berdampak negatif terhadap sistem pernapasan bayi .

Dalam penelitian terbaru, para peneliti mengamati fakta bahwa fungsi paru-paru anak-anak yang tinggal sangat dekat dengan jalan sebanyak 6% lebih lemah dan lebih muda dibandingkan dengan anak-anak lainnya .

Ini jelas menunjukkan bagaimana polusi dapat mempengaruhi fungsi paru-paru anak-anak . Bahkan, peneliti merekomendasikan tinggal di daerah bersih setidaknya ketika Anda memiliki anak-anak. Hal ini disebabkan karena paru-paru bayi masih rentan terhadap semua hal yang berdampak buruk untuk kesehatannya, termasuk polusi.

Para orang tua sangat perlu merencanakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari atau setidaknya mengurangi polusi dari bayi dan anak anda. Dan agar sama-sama kita ingat, bahwa polusi tidak hanya merusak paru-paru anak, tetapi polusi juga bisa menurunkan kemampuan mental, serta menurunkan kecerdasan (IQ) anak-anak.

Beberapa studi dilakukan untuk mengetahui pengaruh pencemaran timbal terhadap kemampuan kecerdasan anak-anak. Karena timbal yang masuk ke dalam tubuh akan merusak sel-sek darah merah yang harusnya dikirim menuju otak. Sehingga mengakibatkan gangguan pada otak. Akhirnya mengakibatkan anak-anak mengalami gangguan kemampuan berfikir, daya tangkap menjadi lambat, dan juga tingkat kemampuan menjadi terganggu.

Sedangkan untuk partumbuhan fisik, dampak dari pengaruh timbal ini mengkibatkan anak mengalami beberapa gangguan seperti keterlambatan pertumbuhan dan juga gangguan pendengaran pada frekuensi-frekuensi tertentu.

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

 


Read more...

0 Response to "Jauhkan Anak Anda dari Polusi"

Posting Komentar