Sekitar 5000 Orang Bergerak Melawan Neuropati

Sekitar 5000 Orang Bergerak Melawan Neuropati

INILAHCOM, Jakarta - Sekitar lebih dari 5000 orang bergerak melawan neuropati dengan mengikuti fun walk.

Tidak hanya itu, masyarakat juga ikut memeriksa kesehatan saraf gratis di 25 lokasi Neuropathy Check Poin (layanan pemeriksaan kesehatan saraf). Kemudian, masyarakat juga dapat mengikuti olahraga untuk kesehatan saraf (neuromove) di acara puncak Jakarta Neurology Exhibition Workshop and Symposium (Jaknews) 2017.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kampanye Bergerak Bersaam #LawanNeuropati yang diinisiasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Seluruh Indonesia (PERDOSSI) dan Merck, Kesehatan RI, Kemenpora RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

"Kami bersama - sama dengan seluruh sektor dengan melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjalankan hidup sehat. Dengan kegiatan ini, secara langsung masyarakat dapat berolahraga dan bergerak," kata Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM sebagai Direktur Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, saat ditemui di acara Bergerak Bersama #LawanNeuropati, Jakarta, Minggu (26/03/2017).

Senada dengan hal tersebut, menurut Ketua Umum PP PERDOSSI dan Konsultan Neurologis Prof. Dr. dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S(K), M.S menjelaskan tema bergerak bersama #LawaNeuropati menjadi sangat penting karena menunjukkan sinergi yang positif untuk mengajak semua orang untuk meningkatkan kesadaran mengenai neuropati.

"Kami sangat merespon mendukung kebijakan pemerintah yang fokus pada upaya preventif dan promotif sehingga tidak hanya melakukan kegiatan kuratif tapi juga langsung terjun mengedukasi dan menggerakkan masyarakat dan komunitas untuk melakukan pencegahan neuropati," papar Hasan Machfoed.

Masih menurutnya, masyarakat perlu mengetahui bahwa gejala - gejala neuropati bisa dikenali. Salah satunya adalah dengan kebas, kesemutan, tidak merasakan apapun, dan akhirnya menyebabkan lumpuh.

"Hal tersebut bisa karena diabetes, keracunan, dan mengakibatkan terperangkapkan sistem saraf," tambah Hasan.


Read more...

0 Response to "Sekitar 5000 Orang Bergerak Melawan Neuropati"

Posting Komentar