Stop Merokok, Turunkan Risiko Penyakit di Usia Tua

Stop Merokok, Turunkan Risiko Penyakit di Usia Tua

INILAHCOM, London - Sebuah penelitian mengungkapkan berhenti merokok dapat menunda risiko penyakit pada usia tua.

Mengutip dari zeenews, Senin (21/08/2017), penelitian yang diterbitkan dalam jurnal umur dan penuaan, menunjukkan bahwa rokok saat ini dikaitkan dengan sekitar 60 persen peningkatan risiko pengembangan kelemahan kesehatan.

Kelemahan adalah suatu kondisi yang terkait dengan penurunan reserve fisiologis dan peningkatan kerentanan terhadap hasil merugikan kesehatan. Hasil mencakup patah tulang, cacat, dan lainnya. Kelemahan juga telah ditunjukkan untuk dihubungkan ke lebih buruk efek psikologis atau hasil kognitif, seperti kualitas hidup yang buruk dan demensia.

"Studi kami menunjukkan bahwa merokok saat ini adalah faktor risiko mengembangkan kelemahan," kata salah satu penulis studi Gotaro Kojima dari University College London.

Merokok meningkatkan risiko mengembangkan sejumlah penyakit, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit vaskular perifer, semua yang berpotensi dapat memiliki efek negatif pada kesehatan fisik, psikologis dan sosial masyarakat.

"Analisis tambahan terungkap bahwa PPOK tampaknya menjadi faktor utama dari merokok terhadap kelemahan, tetapi mereka yang berhenti merokok tidak melakukan terhadap risiko kelemahan," kata Kojima.

PPOK adalah istilah payung yang digunakan untuk menggambarkan penyakit paru-paru progresif.

Para peneliti menggunakan data dari sampel perwakilan Nasional remaja laki-laki dan perempuan yang tinggal di Inggris.

Mereka didefinisikan kelemahan menggunakan kombinasi lima komponen kelemahan fisik, berat badan, kelelahan, kelemahan, kecepatan berjalan lambat dan aktivitas fisik yang rendah. Kelemahan diklasifikasikan sebagai memiliki tiga atau lebih dari kelima kriteria.

Penelitian ini menggunakan data peserta yang berusia 60 tahun atau lebih. Sampel akhir untuk studi ini adalah peserta 2,542, dibagi menjadi dua kelompok, saat ini perokok dan non-perokok.

Non-perokok yang dibagi lagi menjadi dua kelompok yang lain: melewati perokok dan tidak pernah merokok.

Para perokok terakhir sekali lagi dibagi menjadi dua kelompok: mereka yang berhenti dalam 10 tahun terakhir dan mereka yang berhenti lebih dari 10 tahun yang lalu.

Analisis menunjukkan bahwa merokok saat ini dikaitkan dengan risiko mengembangkan kelemahan, meskipun mantan perokok tidak muncul pada risiko yang lebih tinggi.(tka)


Read more...

0 Response to "Stop Merokok, Turunkan Risiko Penyakit di Usia Tua"

Posting Komentar