Preeklamsia Ancam Nyawa Winda Viska dan Janin

Preeklamsia Ancam Nyawa Winda Viska dan Janin

INILAH.COM, Jakarta-Penyanyi Winda Viska mengalami kejadian buruk saat hamil anak kedua. Ia divonis mengidap preeklamsia sehingga dokter mengambil tindakan untuk persalinan prematur.

Sekedar informasi, preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).

Preeklamsia yang tidak disadari oleh sang ibu hamil bisa berkembang menjadi eklamsia, kondisi medis serius yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janinnya.

Winda mengatakan, ia tidak merasakan gejala aneh selama hamil sehingga tak menyadari jika dirinya terkena preeklamsia.

"Gejala sih enggak ada. Kayak kita lagi pusing saja. Gitu doang enggak ada gejala spesifik. Pokoknya tiba-tiba tekanan darah naik," katanya dalam wawancara di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Dokter yang menangani Winda pun kemudian mengambil tindakan cepat dengan melakukan persalinan prematur melalui operasi caesar. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan ibu maupun janin.

Kini kondisi kesehatan Winda Viska sudah berangsur pulih. Kondisi sang bayi yang lahir prematur kini masih dalam perawatan intensif di rumah sakit.

"Preeklamsia bisa dihentikan kalau bayi sudah dikeluarkan. Setelah caesar kemarin sudah normal semua," ujar Winda. [adc]


Read more...

0 Response to "Preeklamsia Ancam Nyawa Winda Viska dan Janin"

Posting Komentar