Indonesia Gunakan Botol Plastik Hingga 4,8 Miliar

Indonesia Gunakan Botol Plastik Hingga 4,8 Miliar

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia menjadi negara ke-4 pengguna botol plastik terbanyak di dunia. Tercatat penggunaan botol plastik di negara Indonesia mencapai 4,82 miliar.

Hal ini diiringi juga oleh data dari Euromonitor yang mengungkapkan berdasarkan pertumbuhan rata-rata (CAGR) di Indonesia, pasar produk plastik rumah tangga terus mengalami peningkatan hingga tahun 2018 mendatang.

Pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk Beverageware, Food Storage, dan Dinnerware sebesar 11,2 persen Pertahun. Hal di atas menandakan bahwa penggunaan wadah plastik bagi rumah tangga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun demikian belum semua komponen bangsa ini memiliki kesadaran akan penggunaan wadah plastik secara benar.

Terdapat enam jenis plastik, polietilen tereftala (PET), High Density Polyethylene (HDPE), Polivinil Klorida (PVC), Low Density Polyethylene (LDPE), Polipropilen (PP), Polycarbonate (PC), yang memiliki fungsi masing - masing.

"Masyarakat Indonesia kini harusnya mulai tahu bahwa setiap jenis plastik memiliki treatment berbeda. Ada yang tidak boleh kena panas secara langsung, ada yang tidak boleh terkena suhu dingin," papar DR. Emil Budianto Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan dari Universitas Indonesia, Jakarta, Senin, (26/03/2018).

Masih menurutnya, bijak dalam menggunakan wadah plastik bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama adalah memilih material plastik yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan, kedua, design kemasan plastik yang limbahnya paling sedikit, dan ketiga menjadi konsumen yang cerdas. 


Read more...

0 Response to "Indonesia Gunakan Botol Plastik Hingga 4,8 Miliar"

Posting Komentar