Kenali Jenis dan Tanda Sariawan

Kenali Jenis dan Tanda Sariawan

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa tanda yang sangat khas dari sariawan. Seperti apa?

Menurut Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, Departemen ilmu penyakit mulut Indonesia, ada tanda yang sangat khas dari sariawan. Salah satunya adalah terlihat gambar cekungan, bukan bintil - bintil.

"Spesifiknya adalah bentuknya oval atau bulat. Pinggirnya merah, karena adanya peradangan. Dasar lukanya adalah putih kekuningan, dan spesifik adalah mengalami sakit. Kalau tidak sakit, mungkin bukan sariawan," papar Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, Departemen ilmu penyakit mulut Indonesia, Jakarta, Jumat, (09/03/2018).

Pada dasarnya, terdapat tiga jenis sariawan, tipe minor, mayor, dan Herpetiform seperti herpes. Tipe Minor atau kecil ukurannya kurang dari 10 mm dan sembuh dalam 2 minggu. Tidak ada jaringan parut, terdapat di pipi, bibir, dasar mulut, tidak berkeratin.

"Untuk jenis mayor atau sariawan yang besar. Lebih dari 10 mm, jarang berulang dan sembuh 3-4 minggu. bisa dengan jaringan parut, muncul di semua area mulut," tambahnya.

Untuk yang jenis herpetiform, lebih dari 2 cm. Bentuknya titik - titik dan akhirnya bisa bersatu.

"Yang paling harus diperhatikan adalah, kalau disertai demam ini berarti herpes, kalau tidak demam berarti sariawan," ujarnya.  (tka)


Read more...

0 Response to "Kenali Jenis dan Tanda Sariawan"

Posting Komentar