Penting Tahu Sistem reproduksi Sebelum Menstruasi

Penting Tahu Sistem reproduksi Sebelum Menstruasi

INILAHCOM, Jakarta - Menstruasi merupakan proses biologis yang sangat normal dialami para perempuan. Karena itu, perempuan harus benar - benar menjaga kesehatan kewanitaannya.

Menurut dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), toilet adalah tempat yang sangat penting untuk mengganti pembalut. Jika toilet bersih, maka para perempuan dengan leluasa bisa mengganti pembalut dengan cepat dan lebih teratur. Ketika toilet tidak bersih, hal ini sangat mempengaruhi frekuensi perempuan untuk mengganti pembalut. Terutama untuk toilet di sekolah.

"Toilet di sekolah harus bersih karena kalau tidak bersih anak - anak agak malas untuk mengganti pembalut. Sehingga jika toilet tidak bersih untuk anak - anak saking malasnya tidak mau mengganti pembalut,"  papar dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) saat ditemui di acara peluncuran Buku Saku di sekolah SMP 115, Jakarta, Rabu, (14/03/2018).

Edukasi untuk perempuan khususnya para remaja yang baru mengalami menstruasi sangat penting. Mulai dari seringnya mengganti pembalut, menjaga kesehatan daerah kewanitaan, hingga mengetahui faktor lain yang menyebabkan gangguan menstruasi.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Keseharan Republik Indonesia bekerja sama dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan didukung oleh PT. Mundhipharma Healthcare Indonesia meluncurkan Buku Saku "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi".

"Remaja perempuan sangat perlu mendapatkan pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mereka mengalami menstruasi. Kurangnya pengetahuan mengenai menstruasi bisa menyebabkan kurangnya persiapan ketika pertama kali mengalami menstruasi dan kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan kebersihan menstruasi yang aman di sekolah," tambahnya.

Masih menurutnya, yang perlu diketahui remaja perempuan ketika menstruasi adalah, darah media terbaik untuk kuman hidup. Ketika medianya tidak dibersihkan dan diganti, kuman akan berkembang dengan cepat sehingga bisa menyebabkan saluran di dalam tubuh terganggu.

"Darah adalah media terbaik untuk ditinggali oleh kuman. Mereka sangat senang berkembang di darah. Jadi, ketika tidak mengganti pembalut 3 jam sekali, kuman bisa tumbuh dan semakin berkembang. Ini bisa merambat ke saluran dan organ lain di dalam tubuh," tambahnya.(tka)


Read more...

0 Response to "Penting Tahu Sistem reproduksi Sebelum Menstruasi"

Posting Komentar