Ketahui Lebih Dalam, Empat Fase Menstruasi

Ketahui Lebih Dalam, Empat Fase Menstruasi

INILAHCOM, Jakarta - Saat terjadi menstruasi, rahim mengalami empat fase berbeda yang sangat unik. Seperti apa?

Mengutip dari Buku Saku Sehat dan Bersih saat Menstruasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bekerja sama dengan Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia, serta Mundipharma, yang diluncurkan di SMP 115, Jakarta, Rabu, (14/03/2018), para remaja perempuan harus mengetahui seluk beluk tentang tahapan sebelum menstruasi.

Menurut dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), para remaja saat ini tidak perlu malu ketika mengalami menstruasi. Hal tersebut terjadi secara alamiah di dalam diri perempuan.

Agar para remaja perempuan lebih paham, berikut adalah beberapa tahapan fase tentang terjadinya menstruasi.

1. Pra Ovulasi

Perempuan memiliki dua ovarium (indung telur) yang menyimpan ribuan sel telur (ova). Hormon perempuan estrogen akan memerintahka ovarium untuk melepaskan sel telur setiap bulannya. Ovarium akan bergantian melepaskan sel telur.

Di saat yang sama lapisan lembut endometrium di dalam uterus, tempat di mana bayi suatu saat akan tumbuh berkembang, mulai menebal

2. Ovulasi

Sel telur yang telah dilepaskan akan berkelana melalui tuba falopi menuju ke endometrium yang sudah menebal. Apabila terjadi pembuahan oleh sel reproduksi pria (sperma), maka sel telur yang telah dibuahi akan menjadi bayi. Selama fase ovulasi cairan vagina yang akan keluar mungkin berubah jumlah dan teksturnya.

3. Pra Menstruasi

Sel telur yang tidak dibuahi akan luruh, dengan sendirinya endometrium tidak dibutuhkan. Sebagai akibatnya, kadar hormon menurun mengakibatkan endometrium meluruh.

Pada saat inilah kamu mungkin mengalami periode mulas yang disertai dengan mood swing sebelum haid yang dikenal dengan istilah PMS (pre-menstrual syndrome/sindrom pra-menstruasi).

4. Menstruasi

Endometrium dikeluarkan dari tubuh melalui vagina dalam bentuk cairan berwarna kemerahan yang mengandung darah. Inilah yang disebuh menstruasi.(tka)
 


Read more...

0 Response to "Ketahui Lebih Dalam, Empat Fase Menstruasi"

Posting Komentar