Tujuh Fakta Tentang Menstruasi

Tujuh Fakta Tentang Menstruasi

INILAHCOM, Jakarta - Para remaja perempuan tidak perlu takut ketika menghadapi fase menstruasi. Nah, untuk itu, ada sekitar tujuh fakta yang perlu Anda ketahui tentang menstruasi.

Menstruasi sudah sering diperbincangkan orang. Namun, masih saja terdapat banyak pertanyaan muncul tentang seluk beluk menstruasi. Mengutip dari Buku Saku Sehat dan Bersih saat Menstruasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bekerja sama dengan Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia, serta Mundipharma, Rabu, (14/03/2018), ada tujuh hal, mulai dari tanda pubertas, hingga siklus menstruasi yang normal.

Berikut adalah tujuh fakta yang perlu Anda ketahui.

1. Apakah menstruasi adalah satu - satunya tanda pubertas?

Tidak. Masa pubertas umumnya ditandai pertumbuhan payudara, juga timbulnya ciri - ciri seksual sekunder lainnya, seperti tumbuhnya rambut kemaluan dan rambut di ketiak.

2.  Usia berapa anak perempuan mendapat menstruasi?

Sangat bervariasi antara 10 - 16 tahun. Faktor yang mempengaruhi antara lain adalah faktor keturunan, gizi, keseimbangan hormon, faktor psikologis, dan sebagainya.

3. Mengapa ada yang mengalami kram perut?

Nyeri pada perut saat menstruasi yang disebut dismenorhoe ini akibat dari gerakan otot rahim  yang berusaha mengeluarkan darah menstruasi. Biasanya mencapai puncaknya paling kuat sekitar 12 jam setelah mulai keluar darah menstruasi.

4. Apakah nyeri saat menstruasi itu berbahaya?

Ada beberapa perempuan yang mengalami rasa nyeri yang sangat luar biasa, bahkan hingga menstruasi selesai. Keadaan ini memerlukan pemeriksaan dokter spesialis kandungan.

5. Bagaimana mengurangi nyeri saat menstruasi?

Bisa dengan olahraga ringan, senam, lari pagi, yoga, atau aerobik. Lakukan kompres hangat pada daerah nyeri, lakukan pernafasan relaksasi. Kurangi garam dan kafein juga makanan yang pedas.

6. Seberapa banyak normalnya darah saat menstruasi?

Jumlah darah yang keluar saat menstruasi sangat bervariasi. Hari pertama umumnya akan banyak yang warnanya merah segar, lalu berangsur hanya flek kecokelatan saja.

7. Berapa lamakah siklus menstruasi normal?

Siklus menstruasi pada kebanyakan perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari. Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid siklus berikutnya. (tka)


Read more...

0 Response to "Tujuh Fakta Tentang Menstruasi"

Posting Komentar