Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan

Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan

INILAH.COM, Jakarta-Anggapan di kalangan masyarakat bahwa teknologi nuklir berdampak buruk dan berbahaya sepertinya perlu diluruskan. Nuklir rupanya juga dapat diaplikasikan di bidang kesehatan.

Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI Ali Gufron Mukti, ilmu pengetahuan saat ini berkembang begitu pesat. Sayangnya masyarakat banyak yang belum siap menerima gelombang besar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya nuklir.

"Indonesia ini kan bangsa yang besar. Dengan sumber daya manusia yang dikelilingi oleh sumber daya alam yang sangat berpotensi, kita harus menjadi bangsa yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya dalam seminar bertajuk "Membangun Masyarakat Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Science Communication" di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Daur Bahan Nuklir dan Rekayasa di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot S Wisnubroto memaparkan, energi nuklir merupakan satu-satunya sumber listrik yang tidak memancarkan gas rumah kaca. Sehingga secara efektif bisa mengganti bahan bakar fosil.

"Selain itu, energi nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia atas peran pentingnya dalam memasok listrik dunia. Bahkan saat ini, tercatat ada 439 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang beroperasi di 32 negara," ujarnya.

"Iptek nuklir juga digunakan bagi bidang kesehatan, semisal terapi penyakit kanker," imbuhnya.

Saat ini, Indonesia telah melakukan pengembangan teknologi nuklir oleh Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) dengan hasil yang telah terbukti membantu meningkatkan kehidupan rakyat di berbagai bidang. Diantaranya, bidang peternakan, pertanian, pertambangan, dan kedokteran. [adc]


Read more...

0 Response to "Memahami Manfaat Baik Nuklir untuk Kehidupan"

Posting Komentar