Menyentuh Pasangan, Mengurangi Rasa Sakit?

Menyentuh Pasangan, Mengurangi Rasa Sakit?

INILAHCOM, New Delhi - Apakah memegang tangan pasangan Anda membantu rasa sakit Anda mereda?

Mengutip dari zeenews, Minggu (04/03/2018), Tidak, itu bukan cinta, ini menunjukkan mengapa hal ini terjadi dan ini ada kaitannya dengan gelombang otak Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa memegang tangan pasangan Anda membantu gelombang otak menyelaraskan dan mengurangi rasa sakit. Sesuai temuan penelitian, semakin empati pasangan yang merasa nyaman merasakan kesakitan pada pasangan, semakin banyak gelombang otak mereka yang disinkronkan.

Semakin banyak gelombang otak yang disinkronkan, semakin banyak rasa sakit yang hilang.

"Kami mengembangkan banyak cara untuk berkomunikasi di dunia modern dan kami memiliki interaksi fisik yang lebih sedikit. Makalah ini menggambarkan kekuatan dan pentingnya sentuhan manusia," kata penulis utama studi Pavel Goldstein, dari University of Colorado di Boulder.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS), periset merekrut sekelompok pasangan heteroseksual, berusia antara 23 sampai 32 tahun yang telah bersama-sama selama setidaknya satu tahun.

Para peneliti menempatkan mereka melalui beberapa skenario dua menit karena electroencephalography (EEG) caps mengukur aktivitas gelombang otak mereka. Skenario termasuk duduk bersama tidak menyentuh; duduk bersama sambil berpegangan tangan, dan duduk di ruangan terpisah.

Kemudian mereka mengulangi skenario saat wanita itu mengalami nyeri panas ringan di lengannya. Hanya berada di hadapan masing-masing, dengan atau tanpa sentuhan, dikaitkan dengan sinkronisitas gelombang otak di pita alfa mu, panjang gelombang yang terkait dengan terfokus perhatian.

Jika mereka berpegangan tangan saat dia sakit, kopling meningkat paling banyak, kata periset. Para periset juga menemukan bahwa ketika dia dalam keadaan sakit dan dia tidak dapat menyentuhnya, kopling gelombang otak mereka berkurang.

"Tampaknya rasa sakit benar-benar mengganggu sinkronisasi interpersonal antara pasangan dan sentuhan yang membawanya kembali," kata para periset.

"Anda mungkin mengungkapkan empati untuk rasa sakit pasangan, tapi tanpa sentuhan, itu mungkin tidak sepenuhnya dikomunikasikan," tambahnya.(tka) 


Read more...

0 Response to "Menyentuh Pasangan, Mengurangi Rasa Sakit?"

Posting Komentar