Penderita Diabetes Kerap Alami Neuropati

Penderita Diabetes Kerap Alami Neuropati

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu risiko neuropati adalah terjadi pada penderita diabetes. Mengapa?

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K) konsultan Neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM menjelaskan setiap penderita diabetes itu segera mendapatkan neuropati vitamin yang cukup agar tidak terjadi neuropati.

"Pada dasarnya, diabetes dapat menyebabkan 3 serangkai adalah gangguan pada mata, gangguan ginjal dan gangguan pada saraf tepi atau neuropati," kata dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K) saat ditemui di acara Bergerak Bersama #Lawan Neuropati dengan MERCK, Jakarta, Kamis (23/03/2017).

Masih menurutnya faktor risiko penderita diabetes sekitar 50 - 70 persen akan mengalami neuropati. Selain itu, risiko lainnya dapat terjadi pada masyarakat yang kerap konsumsi minuman beralkohol, terpapar racun, gaya hidup, aktifitaa dengan gerakan yang berulang - ulang, trauma, penyakit ginjal, hati, tiroid dan lainnya.

"Dampak neuropari pada kualitas hidup adalah penurunan kekuatan motorik, penurunan sensasi rasa sehingga mudah terluka, impotensi, depresi, penurunan berat badan, dan luka," tambahnya.

Meski begitu, neuropati sebenarnya bisa dicegah dengan berbagai cara, yaitu istirahat cukup, gizi seimbang dan konsumsi vitamin neurotropik sejak dini secaeq teratur seperti konsumsi B1, B6 dan B12. Tidak kalah penting adalah menjalankan olahraga secara teratur.


Read more...

0 Response to "Penderita Diabetes Kerap Alami Neuropati"

Posting Komentar