Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu untuk mencegah kanker serviks adalah dengan vaksin.

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang bisa dicegah dengan vaksin. Untuk mencegah kanker serviks, bisa dilakukan dengan vaksin HPV.

"Vaksin tidak mengandung virus. Vaksin ini berisi bagian kulit dari virus. Vaksin ini tidak akan menyebabkan infeksi," papar Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia, Prof. dr. Andrijono SpOG(K) saat ditemui diskusi media forum ngobras Mendorong Vaksin HPV sebagai program vaksinasi nasional, Jumat (19/01/2018).

Vaksin HPV sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai kanker. Mulai dari kanker serviks, kanker mulut, dan lainnya. Karena, pada dasarnya, virus HPV bisa menyebar melalui tangan ke mulut, dan lainnya.

"Suntikan vaksi mengandung VLP-HPV. Untuk mencegah kanker menggunakan vaksin karena antibodinya sangat menyebab dari mulut hingga rahim," tambahnya.

Jadwal vaksinasi sangat baik untuk usia 9-14 tahun dosis 2 dengan jadwal 6-12 bulan. Kemudian untuk usia 14-44 tahun, dengan 3 dosis, jadwal jadwal 2-2/12 bulan.

"Vaksin HPV sangat baik sehingga efektivitas vaksin hampir berhasil hingga 90 persen," ujarnya.

Masih menurutnya, mengapa diambil usia 10 tahun? Kerena di Indonesia kebanyakan menikah pada 19 tahun ke bawah. Data statistik menunjukkan ada 41,9 persen. Karena banyak yang sudah lulus SD menikah.

"Jakarta sudah banyak yang vaksin karena pencapaiannya hingga 90 persen pada program vaksin HPV pada tahun lalu. Program vaksinasi di Jakarta sangat bagus yang sudah dilakukan di sekolah. Untuk Jogjakarta juga hampir 90 persen dan begitu pula di Surabaya," katanya.(tka)


Read more...

0 Response to "Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV"

Posting Komentar