Pemenuhan Nutrisi Anak Sangat Penting

Pemenuhan Nutrisi Anak Sangat Penting

INILAHCOM, Jakarta - Pemenuhan nutrisi pada anak sangat penting. Hal tersebut karena anak - anak memiliki dase tumbuh kembang sangat sangat cepat.

Menurut Dokter Anak Sub Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik Pada Anak, DR. Dr. DamayantiR. Sjarif, SpA(K) yang mengatakan, dalam pemenuhan nutrisi, masa anak-anak merupakan masa krusial yang berlangsung sangat pendek dan tidak dapat diulang lagi.

"Pola makan sehat dan seimbang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak yang optimal," ujar Damayanti, Jakarta, Selasa, (17/07/2018).

Seorang anak yang kurang gizi akan mengalami hambatan perkembangan fisik dan kognitif sehingga berakibat pada rendahnya tingkat produktivitas di masa dewasa.

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang masih memerlukan perhatian khusus dalam kecukupan gizi.

Menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa di Indonesia tercatat sekitar lebih dari 37,2 persen atau 8,4juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis.

Selain itu, Berdasarkan Pantauan Status Gizi (PSG) 2017 yang dilakukan Kementerian Kesehatan, anak di bawah usia 5 tahun yang mengalami masalah gizi pada 2017 mencapai 17,8 persen, sama dengan tahun sebelumnya.

Salah satu sebabnya adalah rendahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya gizi dan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak kedepannya.

Kemudian, lingkungan, termasuk nutrisi di awal kehidupan,memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan di masa depan.

Untuk mendorong anak mengenal dan menyukai pola makan sehat, dalam diskusi bersama anak yang digelar The Habibie Center bertajuk Habibie dan Anak Indonesia: Tumbuh Sehat dan Cerdas Melalui Pola Makan Sehat Sejak Kecil, Bapak B. J. Habibie mengungkapkan,"Dari kecil, isi piring saya terdiri berbagai jenis makanan; ada nasi, lauk pauk seperti protein hewani yaitu ikan, ayam, daging; sayur, buah, dan Eyang juga suka minum susu.

Di sinilah peranan orang tua, khususnya ibu sangat penting dalam mendukung
pola makan sehat, agar anak terhindar dari ancaman stunting dan bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. (tka)


Read more...

0 Response to "Pemenuhan Nutrisi Anak Sangat Penting"

Posting Komentar